Begini Teknik Menyembeklih Hewan Kurban, Simak Baik Baik

  • Share
Begini Teknik Menyembeklih Hewan Kurban, Simak Baik Baik

PURWOKERTO.SUARA.COM Dalam berkurban, kita harus memilih hewan yang memenuhi syarat seperti usia hewan, kesehatan hewan. Setelah semua syarat itu terpenuhi, tentunya kita harus memperhatikan teknik penyembelihan hewan kurban.

Selain itu ada rukun yang harus dipenuhi diantaranya pekerjaanmenyembelih, orang yang menyembelih, hewan yang disembelih dan alat untuk menyembelih.

Ada beberapa teknik menyembelih hewan kurban yang harus diperhatikan oleh panitia:

1. Menyiapkan peralatan lengkap, yang paling utama adalahmengasah pisau yang digunakan untuk menyembelih setajam mungkin.  

2. Memeriksa kondisi hewan kurban sebelum disembelih, terutama kondisi kesehatannya. 

3. Puasakan hewan kurban sebelum disembelih agar tidak beringas sehingga akan lebih mudah untuk disembelih. Selain itu, pemuasaan ini juga dapat mengurangi isi perut. Pemuasaan dilakukan selama 12 jam sebelum proses penyembelihan akan tetapi minum tetap diberikan. 

4. Mengistirahatkan dan menenagkan hewan kurban sebelum disembelih. Hewan kurban yang stres karena merasa gelisah atau kelelahan dapat menurunkan kualitas daging. 

5. Saat penyembelihan, salah satu hal yang paling penting yaitu potong 3 saluran pada leher bagian depan hewan, yaitu saluran nafas, saluran makanan, dan pembuluh darah. 

6. Sebelum hewan kurban mati, untuk tidak melakukan penusukan terhadap jantungnya, menguliti, memotong kaki-kakinya, memotong ekornya, dan lain sebagainya. Untuk mengecek apakah hewan kuraban sudah mati atau belum, dapat menggunakan tiga reflek, yaitu memeriksa refleks mata, refleks kuku, dan refleks ekor. Setiap bagian hewan kurban yang terpotong ketika hewannya belum mati, maka bagian tersebut akan dianggap sebagai bangkai dan tidak dapat dimakan. 


#Begini #Teknik #Menyembeklih #Hewan #Kurban #Simak #Baik #Baik

Sumber : purwokerto.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.