Ini 5 Kota dengan Jumlah Freelancers Terbanyak di Indonesia

  • Share
Ini 5 Kota dengan Jumlah Freelancers Terbanyak di Indonesia

Pastilebih.co.id – Bank Dunia mencatat pertumbuhan pelaku freelancing mencapai 30 persen setiap tahunnya, dengan dominasi segmentasi usia 18 hingga 44 tahun.

Penelitian School of Business University of Brighton pun menyatakan bahwa 97 persen pekerja lepas lebih bahagia daripada pekerja kantoran. Tren yang sama ternyata terjadi di Indonesia.

Badan Pusat Statistik mencatat, 33,34 juta orang bekerja sebagai freelancer dan small business owners hingga Agustus 2020. Angka tersebut naik 4,32 juta orang atau 26 persen dari tahun sebelumnya.

Melihat tingginya tren pekerja lepas, ternyata selaras dengan sebaran pekerja nomad – entah itu warga lokal atau pendatang, di berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga:
Tunggu Persetujuan Bank Dunia, Sri Mulyani Sebut FIF Segera Beroperasi Akhir Juni 2022

Dikutip Pastilebih.co.id dari platform e-commerce yang membantu solopreneur -Solos, berikut lima kota Indonesia dengan jumlah pekerja lepas terbanyak.

1. Bandung
Suasana kota urban yang sejuk dan banyaknya pilihan café menarik dengan harga yang terjangkau menjadikan Bandung kota favorit untuk para freelancers untuk berkarya.

2. Jakarta
Kota Metropolitan ini menawarkan banyak kesempatan pekerjaan freelance sehingga banyak juga pekerja kantoran yang juga ikut freelanceing di akhir pekan.

3. Surabaya
Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia Surabaya memberikan banyak kesempatan pekerjaan menjanjikan dan suasa kota yang tertib dan rapih bikin para freelancers betah tinggal di sini.

4. Bekasi
Ternyata Bekasi itu menjadi kota pilihan bisnis-bisnis baru untuk mendirikan kantornya sehingga di Bekasi kesempatan kerjanya sangat berkembang dan kota ini menawarkan biaya hidup yang terjangkau.

Baca Juga:
Jokowi Ingatkan Jaga Ekonomi Indonesia, Sudah Ada 60 Negara Masuk Daftar Ekonomi Mau Ambruk: Mengerikan

5. Bali
Bali adalah surga bagi freelancers yang menginginkan keseimbangan hidup. Bali menyediakan banyak aktivitas seru untuk freelancer seperti surfing, yoga, diving, dan gardening. Apa lagi kini ada banyak co-working space dan hunian terjangkau dengan nuansa yang beragam.



#Ini #Kota #dengan #Jumlah #Freelancers #Terbanyak #Indonesia

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.