Tiga Permasalahan Aktual yang Dihadapi UMKM Perempuan

  • Share
Tiga Permasalahan Aktual yang Dihadapi UMKM Perempuan

Pastilebih.co.id – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan masih terbatasnya akses dan kemampuan perempuan mengakses teknologi menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM perempuan.

“Tiga permasalahan aktual yang dihadapi oleh UMKM perempuan, di antaranya konstruksi sosial patriarki, infrastruktur, akses dan kemampuan perempuan mengakses teknologi dan rendahnya literasi dan inklusi keuangan bagi perempuan,” kata Menteri Bintang dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, pemerintah mendorong pemberdayaan perempuan di kewirausahaan diwujudkan melalui serangkaian kebijakan, program dan kegiatan yang memastikan kesetaraan gender dan inklusi sosial dapat terwujud.

Pada 9 Juni 2020, pemerintah meluncurkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif Perempuan yang bertujuan untuk meningkatkan akses layanan keuangan formal kepada perempuan, memperkuat akses permodalan dan dukungan pengembangan usaha untuk usaha mikro dan kecil, serta meningkatkan akses perempuan kepada produk dan layanan keuangan digital.

Baca Juga:
Menteri Bahlil Lahadalia Berulang-kali Puji Erick Thohir di Hadapan Ratusan Pelaku UMKM Soloraya, Kode Pilpres 2024?

Program wirausaha perempuan melalui Konsep Pelatihan Kewirausahaan Berperspektif Gender ini meliputi pelatihan kepemimpinan perempuan, kewirausahaan perempuan, literasi dan inklusi keuangan perempuan serta pemanfaatan teknologi dan literasi digital untuk pengembangan bisnis.

Program ini juga telah dilaksanakan dan diimplementasikan melalui kolaborasi multi-pihak dari berbagai bidang mulai dari BUMN, sektor swasta, pemerintah pusat dan daerah hingga LSM.



#Tiga #Permasalahan #Aktual #yang #Dihadapi #UMKM #Perempuan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.