Ini Tanda-tanda Salah Pilih Sepatu, Bisa Berakibat Fatal Seperti Kuku Kaki Lepas!

  • Share
Ini Tanda-tanda Salah Pilih Sepatu, Bisa Berakibat Fatal Seperti Kuku Kaki Lepas!

Pastilebih.co.id – Memilih sepatu yang tepat bukan hanya tentang gaya tapi juga kenyamanan. Untuk itu penting agar tidak salah pilih membeli dan memakai sepatu.

Dikutip dari Hello Sehat, ada beberapa tanda jika Anda salah pilih sepatu. Beberapa di antaranya bahkan terkesan menyakitkan seperti kuku kaki lepas hingga kulit kaki yang menebal.

Lebih lanjut dan lebih lengkap, berikut ini tanda-tanda salah pilih sepatu yang bisa menyiksa Anda!

1. Jari Kaki Menekuk
Jika menggunakan pointed shoes atau sepatu yang mengerucut pada bagian depan membuat jari kaki Anda menekuk, berarti Anda menggunakan sepatu yang salah.

Baca Juga:
Kim Kardashian Pakai Dress Seksi tapi Model Sepatunya Bikin Warganet Gagal Paham

Mengutip dari American Academy of Orthopaedic Surgeons, kebiasaan menggunakan sepatu jenis pointed shoes bisa menyebabkan kerusakan kaki seperti:

  • Bunion kaki (kelain bentuk jempol kaki)
  • Ketidakseimbangan otot yang menyebabkan hammertoes (jari kaki bengkok)
  • Kerusakan saraf

Perhatikan untuk memilih sepatu yang memberikan ruang antara kaki dengan ujung sepatu. Untuk memeriksanya, Anda bisa menggoyangkan jari-jari kaki saat mencoba sepatu.

2. Telapak Kaki Nyeri
Saat Anda memakai sepatu dengan ukuran yang salah dalam waktu yang lama, telapak kaki akan terasa nyeri dan sesak. Jika sepatu terlalu besar, otot-otot bagian bawah kaki akan mengeras.

Nyeri pada telapak kaki dapat membuat telapak kaki cedera berlebihan, seperti plantar fasciitis, atau kondisi kaki mengalami peradangan pada tendon fascia plantar.

3. Alas Sepatu Menipis
Pernahkah Anda memerhatikan alas sepatu bagian tumit mulai menipis daripada lainnya? Ini normal terjadi jika Anda sering menggunakan sepatu. Tumit adalah bagian telapak kaki yang menopang seluruh berat badan.

Baca Juga:
Harga Sepatu Fuji dari Thariq Halilintar Setara dengan Produk Nyeleneh, Dewi Perssik Dituding Bongkar Aib Mantan Suami

Bila Anda terus memakai sepatu ini, alas bagian tumit akan semakin tipis. Apalagi, menipisnya antara sepatu sebelah kanan dan kiri tidak mungkin sama.

Kondisi ini bisa membuat Anda tidak bisa berdiri dengan seimbang, berisiko terpeleset atau jatuh, dan membuat tumit menjadi sakit.

4. Cara Berjalan Berubah
Tanda Anda memakai sepatu yang salah adalah cara berjalan yang berubah. Umumnya, ini terjadi saat wanita memakai sepatu hak tinggi (high heels).

Mengutip dari Walkrite Foot Clinic, penyebab perubahan cara berjalan ini adalah tekanan pada tulang belakang sehingga Anda perlu melangkah dengan hati-hati.

5. Kuku Kaki Lepas
Jika ujung sepatu terlalu kecil, Anda akan menempatkan banyak tekanan pada jari-jari kaki. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kuku menghitam, bahkan lepas. Untuk mencegahnya, berikan ruang lebih antara ujung jari terpanjang dan bagian depan sepatu.

6. Kulit Kaki Alami Pengerasan
Masalah yang bisa terjadi ketika Anda memakai sepatu yang salah adalah pengerasan kulit pada jari kaki atau kapalan.

Kondisi ini bisa terjadi ketika Anda memakai sepatu yang terlalu ketat dan menekan kulit dalam waktu lama. Pengerasan ini biasanya terjadi pada sela-sela jari kaki yang terlalu sering menempel sehingga kulit tertekan.



#Ini #Tandatanda #Salah #Pilih #Sepatu #Bisa #Berakibat #Fatal #Seperti #Kuku #Kaki #Lepas

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.