Apa Itu People Pleaser? Ternyata Bisa Membahayakan Diri Sendiri

  • Share
Apa Itu People Pleaser? Ternyata Bisa Membahayakan Diri Sendiri

Pastilebih.co.id – Belakangan ini, penggunaan istilah people pleaser sering kali ditemukan. People pleaser adalah istilah yang biasanya merujuk pada seseorang yang selalu berbuat baik di depan orang lain. Namun, semua kebaikan tersebut dilakukan untuk mendapat pujian.

Namun, bukan di situ permasalahannya. Pasalnya, seseorang dengan sifat people pleaser justru bisa membahayakan dirinya sendiri meskipun tujuannya adalah membahagiakan orang lain.

Apa Itu People Pleaser?

Membantu orang lain. (Elements Envanto)

Dilansir dari laman Very Well Mind, people pleaser adalah seseorang yang menempatkan kebahagiaan orang lain di atas kebahagiaan mereka sendiri. Orang-orang seperti ini akan terlihat menyenangkan. Mereka suka menolong dan baik hati.

Baca Juga:
Ini 5 Cara Berhenti Jadi People Pleaser, Gak Sehat Lho!

Sayangnya, orang-orang seperti ini justru kesulitan mengetahui cara membahagiakan diri sendiri. Pada satu waktu, bukan tidak mungkin mereka akan mengorbankan dirinya sendiri atau menempatkan dirinya dalam situasi berbahaya demi kebahagiaan orang lain.

Ciri-Ciri People Pleaser

Menurut laman web md, people pleaser dapat dengan mudah diketahui dengan melihat tingkah laku seseorang, terutama bagaimana mereka memperlakukan orang lain. Beberapa cirinya antara lain:

1. Mudah Menyetujui Sesuatu

Bisa menjadi pendengar yang baik merupakan satu keterampilan mengagumkan. Mereka yang didengarkan secara seksama pun akan merasa dihargai. Namun, seorang people pleaser hanya akan mendengarkan dan selalu mengiyakan pendapat orang lain hanya demi mendapatkan kekaguman.

Baca Juga:
4 Penyebab Sering Marah Tanpa Sebab, Salah Satunya Lelah Mental!

2. Meminta Maaf untuk Hal-Hal yang Tidak Perlu

People pleaser adalah mereka yang seringkali merasa bahwa kebahagiaan orang lain adalah tanggung jawab mereka. Jika seseorang sedang dalam keadaan badmood, mereka akan merasa bahwa mereka adalah masalahnya.

Tentu rasa penyesalan telah menyakiti seseorang adalah hal baik, namun jika Anda terlalu banyak meminta maaf untuk sesuatu yang tidak bisa Anda kendalikan, ini malah bisa berarti ada masalah yang lebih serius pada diri Anda.

Ilustrasi pria khawatir (Freepik.com/master1305)
Ilustrasi pria khawatir (Freepik.com/master1305)

3. Tidak Mampu Berkata Tidak

Jika Anda kesulitan untuk berkata tidak kepada orang lain ketika mereka meminta sesuatu, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda merupakan seorang people pleaser. Tentu saja lebih baik menolak ajakan seseorang di awal daripada Anda menolaknya di kemudian hari saat jadwal perencanaan semakin dekat.

4. Menggantungkan Nilai Diri Sendiri dari Pandangan Orang Lain

People pleaser adalah mereka yang selalu membutuhkan validasi dari orang lain untuk merasakan hal baik dari dirinya sendiri. Mereka bisa saja bertindak ekstrim demi mendapat pujian dari orang lain. Dengan begini, mereka jadi tidak memiliki kepercyaan diri yang stabil dan terlalu bergantung pada penilaian orang.

Penting bagi kita untuk selalu memberikan ruang bagi diri sendiri. Buatlah kebahagiaan sendiri tanpa perlu menggantungkannya pada orang lain dan selalu utamakan kebahagiaan sendiri alih-alih mengiyakan segala pendapat atau ajakan dari orang lain yang sebenarnya membuat Anda tidak terlalu nyaman melakukannya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



#Apa #Itu #People #Pleaser #Ternyata #Bisa #Membahayakan #Diri #Sendiri

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *