Orangtua, Yuk Kenali 6 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak

  • Share
Orangtua, Yuk Kenali 6 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak

Pastilebih.co.id – Dibanding membaca buku cerita, anak-anak akan lebih memilih bermain handphone. Padahal membaca dapat menambah ilmu pengetahuan, dan melatih keterampilan.

Sementara itu, anak dikenal lebih menyukai buku-buku berwarna seperti buku komik yang disertai ilustrasi menarik. Namun, beberapa orangtua justru kurang menyukai anak membaca komik.

Komik dinilai tidak memberikan ilmu kepada anak mereka. Padahal membaca komik nyatanya juga memberikan berbagai manfaat kepada anak.

Seorang Profesor dari Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Universitas Illinois, Carol Tilley, mengatakan anak-anak dapat membuat kritik dengan membaca komik dari gambar yang dilihatnya.

Baca Juga:
Bukan Bikin Anak Disiplin, Ini Dampak Bahaya dari Pola Asuh Strict Parents

Melansir laman Readingeggs, berikut beberapa manfaat dari membaca komik bagi anak.

Ilustrasi komik. [Tunechick83/Pixabay]

1. Meningkatkan Minat Baca Anak
Komik memang awalnya akan membuat anak tertarik dengan gambar yang disajikan. Namun, untuk memahami cerita, anak itu harus membaca teks yang terdapat dapat komik tersebut.

Hal tersebut akan membuat anak tertarik dengan cerita sehingga ia ingin membaca buku lainnya. Dengan keinginannya ingin membaca lagi, akan membuatnya mencari buku lainnya, bahkan tidak hanya komik.

2. Memberikan Kepercayaan Diri untuk Membaca
Pada beberapa anak sering kali mengalami kendala dalam membaca. Hal tersebut yang membuat anak menjadi tidak percaya diri untuk membaca, apalagi ketika buku berisi tulisan yang banyak.

Namun, komik tidak hanya berisi tulisan, melainkan gambar. Dari gambar tersebut dapat membuat anak tertarik dan senang ketika membacanya.

Baca Juga:
3 Manfaat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sebelum Mereka Masuk Usia Sekolah

Tulisan dalam komik biasanya juga pendek dan mudah dibaca. Hal tersebut juga yang membantu anak sedikit demi sedikit semakin percaya diri untuk membaca.

Tidak hanya itu, kata-kata pada komik biasanya menggambarkan suara atau bunyi suatu kejadian. Hal ini akan memberikan anak pelajaran yang sangat membantu, terutama mereka yang memilki gangguan otak seperti autis.

3. Meningkatkan Pemahaman Anak
Sama halnya dengan buku cerita lainnya, komik juga memiliki pesan dari kisah yang dibuat. Hal ini akan membantu anak mengambil inti pesan dari peristiwa yang terjadi pada karakter. Anak juga menjadi paham dengan alur serta sifat karakter tersebut.

4. Memperkaya Kosa Kata pada Anak
Penggunaan kosa kata yang baru ditemukan juga tidak hany ada pada novel atau buku lainnya. Beberapa kosa kata baru juga bisa ditemukan dalam komik. Hal ini akan sangat membantu anak dalam memperkaya kosa kata dirinya.

Selain itu, orang tua juga menjelaskan maksud dari kosa kata itu dan disambungkan dengan perbuatan karakter yang digambarkan dalam komik tersebut.

5. Membuat Anak Menjadi Disiplin
Komik juga bisa membantu anak menjadi disiplin. Hal ini karena komik sendiri terdiri dari berbagai cerita, mulai dari sejarah, dongeng, fiksi, alam, dan lain-lain.

Cerita tersebut memberikan pembelajaran sendiri bagi anak yang membacanya. Pembelajaran tersebut yang akan membuat anak menjadi lebih disiplin.

6. Membuat Anak Menjadi Senang
Cerita yang terdapat buku komik tidak hanya mengenai pahlawan super dan penjahat. Banyak berbagai genre yang dapat memenuhi keinginan anak.

Oleh karena itu, buku komik bagus untuk dibaca karena anak dapat memilih genre apa yang ingin dibacanya. Hal ini juga akan membuat perasaan anak menjadi senang.



#Orangtua #Yuk #Kenali #Manfaat #Membaca #Komik #Bagi #Anak

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.