Penggerak Literasi Sidoarjo, Denpasar, dan Lembata, Jadi SPL Nasional Terbaik Tahun 2021

  • Share
Penggerak Literasi Sidoarjo, Denpasar, dan Lembata, Jadi SPL Nasional Terbaik Tahun 2021

Pastilebih.co.id – Pada tahun 2021 lalu, Nyalanesia berhasil memfasilitasi lebih dari 54.000 pendidik dan peserta didik dari berbagai wilayah di Indonesia untuk berkarya dan mengembangkan kompetensinya melalui program GSMB Nasional 2021. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran penting Sosialisator Program Literasi Nasional tahun 2021 (SPL Nasional 2021) yang dikembangkan oleh Nyalanesia.

SPL Nasional adalah penggerak literasi nasional yang dibentuk, dilatih, dan dikembangkan oleh Tim Nyalanesia dengan tujuan guna melakukan percepatan sosialisasi dan pengembangan gerakan literasi nasional serta pengembangan kompetensi penggerak literasi hingga ke pelosok negeri.

“Sejumlah 86 SPL Nasional tahun 2021 hadir di puluhan kota/kabupaten dari berbagai wilayah Indonesia untuk menjadi fasilitator bagi sekolah-sekolah dalam mengembangkan program literasi dan mendorong guru-guru dan siswa-siswi di sekolah untuk berkarya dan menerbitkan buku bersama,” ujar Ketua SPL Nasional, Arifin Nurdin, dalam siaran pers yang diterima Pastilebih.co.id, Minggu (3/7/2022).

Untuk mengapresiasi dedikasi dan kontribusi yang telah dicurahkan oleh para penggerak literasi, Nyalanesia memilih 3 SPL Nasional terbaik. Pada momen puncak acara Festival Literasi Nasional 2022, tiga SPL Nasional terbaik ini dimumkan dan berhak mendapatkan apresiasi berupa hadiah dan penghargaan dari Nyalanesia.

“Setelah menjalani masa bakti selama 3 bulan dengan melakukan sosialisasi dan menjadi fasilitator bagi sekolah-sekolah di daerah masing-masing, kami memilih 3 SPL Nasional yang terbaik. Mereka merupakan para penggerak literasi yang paling banyak berhasil memfasilitasi sekolah di daerahnya,” ujar Arifin.

Vera Fitriani, pengerak literasi dari Sidoarjo, berhasil menjadi Juara 1 SPL Nasional Terbaik tahun 2021. Ia berhasil memfasilitasi 77 sekolah selama 3 bulan masa baktinya menjadi SPL Nasional 2021.

“Saya sangat mensyukuri dan menjadi lebih semangat lagi untuk terus memberikan terbaik kepada yang telah mempercayai saya, mulai dari sekolah-sekolah, Ketua MKKS, K3S, Kepala Dinas, dan keluarga. Saya harus selalu memberikan kerja terbaik dan membanggakan bagi Kabupaten Sidoarjo,” ujar Vera saat membagikan kesannya ketika menjadi SPL Nasional terbaik.

Selain menjadi SPL Nasional terbaik, Vera juga telah berhasil menginisiasi diadakannya program Festival Literasi Sidoarjo tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendididkan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo bersama Nyalanesia. Melalui program ini, ia berhasil memfasilitasi lebih dari 15.800 pendidik dan peserta didik di Kabupaten Sidoarjo.

“Nyalanesia menurut saya sangat kreatif, termasuk dari program-program yang dijalankannya. Namun, kita harus terus berkembang menjadi lebih baik, bersama-sama terus membangun, supaya Nyalanesia terus menjadi yang terdepan dan terbaik dalam pengembangan literasi di Indonesia,” pungkas Vera.

Lalu untuk Juara 2 SPL Nasional Terbaik diraih oleh Jemima Mulyandari, pengerak literasi dari Kota Denpasar yang berhasil memfasilitasi 61 sekolah di daerahnya selama masa bakti di tahun 2021. Jemima merupakan penggerak literasi yang telah bergabung dalam SPL Nasional selama tiga angkatan berturut-turut, sejak diinisiasinya program ini pada tahun 2019.



#Penggerak #Literasi #Sidoarjo #Denpasar #dan #Lembata #Jadi #SPL #Nasional #Terbaik #Tahun

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *