Eropa Kecele, Rusia Dapatkan Pasar Baru Bisnis Minyak Mentah di Afrika dan Timur Tengah

  • Share
Eropa Kecele, Rusia Dapatkan Pasar Baru Bisnis Minyak Mentah di Afrika dan Timur Tengah

Pastilebih.co.id – Rusia terus mengupayakan pasokan bahan bakar dan nafta ke Afrika dan Timur Tengah usai Barat melakukan sanksi energi hingga membuat negara itu kehilangan pasar Eropa.

Disaat yang sama, Asia sudah mendapatkan pasokan minyak mentah  yang lebih besar dari Rusia sebagaimana disampaikan Refinitiv Eikon.

Perkembangan tersebut kemungkinan akan meningkatkan persaingan untuk pelanggan Asia antara Rusia dan eksportir bahan bakar besar lainnya – Arab Saudi dan Amerika Serikat – yang merupakan tiga pemasok teratas ke Asia.

Uni Eropa kini secara perlahan mengurangi impor minyak mentah dan bahan bakar Rusia sejak Maret dan menyetujui embargo penuh yang akan berlaku pada akhir 2022.

Baca Juga:
Kadin Jawa Tengah Mendukung Pembatasan BBM Subsidi untuk Mobil Mewah

Sementara, pembeli dari Asia terus meningkatkan pembelian minyak mentah Rusia dengan cepat, meskipun Asia bukanlah pasar alami untuk bahan bakar Rusia karena Asia memurnikan lebih banyak minyak daripada yang dibutuhkan dan merupakan pengekspor bahan bakar bersih.

Pasar Afrika dan Timur Tengah jadi oase bagi Rusia yang berusaha melindungi pasar mereka seiring penurunan ekspor dan produksi minyak yang lebih dalam.

“Afrika dan Timur Tengah tampaknya menjadi pilihan utama bagi pemasok produk minyak Rusia, jadi kami memperkirakan lebih banyak pengiriman di sana pada paruh kedua tahun ini karena embargo Uni Eropa semakin dekat”, seorang pedagang yang terlibat dalam perdagangan produk minyak Rusia mengatakan kepada Reuters.

Rusia mengekspor lebih dari 2,5 juta barel per hari (bph) minyak mentah dan sekitar 2 juta barel per hari bahan bakar ke Eropa sebelum sanksi terhadap sektor keuangan Rusia, yang membuat perdagangan jauh lebih sulit.

Perusahaan minyak Rusia baru-baru ini meningkatkan pasokan bensin dan nafta ke Afrika dan Timur Tengah dari Baltik, kata para pedagang. Sebelum sanksi, sebagian besar pasokan Rusia ke wilayah tersebut berasal dari pelabuhan Laut Hitam.

Baca Juga:
SPBU Gorda Disegel Pertamina, Buntut Kurangi Takaran BBM

Setidaknya lima kargo yang membawa sekitar 230.000 ton bensin dan nafta dipasok pada Mei-Juni dari pelabuhan Baltik Ust-Luga ke Oman dan ke pusat minyak Uni Emirat Arab Fujairah, berdasarkan data Refinitiv.



#Eropa #Kecele #Rusia #Dapatkan #Pasar #Baru #Bisnis #Minyak #Mentah #Afrika #dan #Timur #Tengah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.