Mengenal Silver-Ion, Partikel Perak Sangat Kecil yang Bekerja Layaknya Antivirus

  • Share
Mengenal Silver-Ion, Partikel Perak Sangat Kecil yang Bekerja Layaknya Antivirus

Pastilebih.co.id – Pandemi Covid-19 telah memaksa banyak orang untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja. Untuk itu penting menjaga rumah tetap bersih dan nyaman, termasuk melakukan beragam tindakan preventif dari awal.

Salah satunya adalah menggunakan cat rumah yang diklaim antivirus dan antibakteri. Dikatakan CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia – Jon Tan, cat rumah yang antimikrobial biasanya memiliki teknologiSilver-ion.

Silver-ion sendiri merupakan partikel perak berukuran sangat kecil yang diubah menjadi ion dan memiliki efek antivirus. Sebelum antibiotik ditemukan, perak telah digunakan lebih dulu untuk menangani sakit perut atau menyembuhkan luka.

Pada 2020 lalu, tiga tower di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, menggunakan cat anti-kuman dari Vinilex Silver-Ion.

Wisma Atlet [Antara]

“Pada 2021, Nippon Paint kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan Vivilex Gloss yaitu cat anti-kotor yang membuat noda tidak menempel pada tembok dan dilengkapi dengan Teknologi Silver-ion sebagai anti-kuman yang dapat digunakan di interior maupun eksterior,” tulis rilis yang diterima Pastilebih.co.id, Minggu (19/6/2022).

Selain pada cat rumah, teknologi serupa sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk peralatan medis, transplantasi tulang, dan obat-obatan untuk menyembuhkan luka, seperti luka bakar.

Selain meluncurkan cat berteknologi antibakteri dan antivirus, Vinilex dari Nippon Paint juga telah merilis varian lain seperti Vinilex Wall Sealer, Vinilex Ceiling White, Vinilex Exterior, hingga Vinilex Pro 1000.

“Pengembangan varian akan terus dilanjutkan lebih dari sekedar cat, seperti dempul, sealant, dan lainnya sebagai bentuk komitmen kami menjadi Beyond Coatings,” pungkasnya.

Selain melakukan langkah preventif dari rumah, Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah mengeluarkan arahan agar masyarakat dapat selalu waspada dan terhindar dari penularan virus corona penyebab sakit Covid-19. Imbauan tersebut adalah:

  1. Menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang lain
  2. Memakai masker yang menutupi sepenuhnya area hidung dan mulut serta dagu
  3. Buka jendela untuk meningkatkan ventilasi
  4. Hindari ruang yang berventilasi buruk atau ramai
  5. Menjaga tangan tetap bersih
  6. Lakukan etika batuk
  7. Melakukan vaksinasi Covid-19



#Mengenal #SilverIon #Partikel #Perak #Sangat #Kecil #yang #Bekerja #Layaknya #Antivirus

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.