Hasil Studi Temukan Bukti Lansia yang Rutin Jalan Kaki Lebih Berisiko Alami Nyeri Lutut

  • Share
Hasil Studi Temukan Bukti Lansia yang Rutin Jalan Kaki Lebih Berisiko Alami Nyeri Lutut

Pastilebih.co.id – Orang lanjut usia atau lansia seringkali mengalami masalah persendian, salah satunya di lutut. Masalah sendi tersebut dapat membuat kaki terasa nyeri saat digunakan berjalan.

Lansia yang jarang berolahraga cendereng lebih berisiko alami nyeri lutut di kemudian hari.

Hal itu dibuktikan oleh para peneliti di Baylor College of Medicine, Amerika Serikat, dan menerbitkan hasilnya ke dalam Journal Arthritis and Rheumatology.

Mereka mengamati lebih dari 1.200 orang yang didiagnosis radang sendi. Para peserta diminta untuk melaporkan sendiri jumlah waktu mereka berjalan untuk berolahraga. 

Baca Juga:
Hendak ke Garut Jalan Kaki, Warga Depok Ditemukan Meninggal di Toilet Masjid

Para peneliti menemukan bahwa lansia yang berjalan untuk berolahraga 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami nyeri lutut dibandingkan dengan yang tidak berjalan kaki. 

“Temuan ini sangat berguna bagi orang yang memiliki bukti radiografi osteoartritis tetapi tidak mengalami nyeri lutut setiap hari,” kata asisten profesor imunologi, alergi dan reumatologi di Baylor Dr. Grace Hsiao-Wei Lo, dikutip dari Fox News. 

Lo mengatakan bahwa rutin berjalan kaki untuk olahraga bisa jadi salah satu pencegahan nyeri sendi. Tetapi, apabila nyeri sudah terjadi, pengobatannya bulan dengan sekadar jalan kaki, tetapi tetap baik dilakukan.

“Jika Anda sudah mengalami nyeri lutut setiap hari, mungkin masih ada manfaatnya. Terutama jika Anda memiliki jenis radang sendi di mana lutut Anda bengkok,” kata Lo.

Lo mengatakan, para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang berjalan untuk berolahraga memiliki lebih sedikit kerusakan pada persendian, berdasarkan temuan x-ray. 

Baca Juga:
Tragis! Nenek-nenek di Pondok Kopi Tewas Tersambar Argo Bromo, Tubuhnya Terpotong jadi 5 Bagian

Jalan kaki untuk berolahraga juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Termasuk peningkatan kesehatan kardiovaskular dan penurunan risiko obesitas, diabetes, dan beberapa jenis kanker.



#Hasil #Studi #Temukan #Bukti #Lansia #yang #Rutin #Jalan #Kaki #Lebih #Berisiko #Alami #Nyeri #Lutut

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.