Komunitas Mural di 6 Kota di Indonesia Peringati Hari Kelahiran Pancasila Secara Serentak

  • Share
Komunitas Mural di 6 Kota di Indonesia Peringati Hari Kelahiran Pancasila Secara Serentak

Pastilebih.co.id – Tepat 1 Juni 2022, komunitas mural di 6 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Bali serentak memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Hal itu diwujudkan melalui aktivitas seni mural di tiap titik berbeda.

Salah satu komunitas yang juga ikut tertarik berpartisipasi yaitu komunitas mural di Makassar. Koordinator Doodle Art Makassar, Halil mengaku bangga dapat turut memperingati Hari Kelahiran Pancasila melalui aktivitas seni mural.

“Saya harap, masyarakat Indonesia, khususnya teman-teman pelajar di Makassar bisa turut menjaga nilai-nilai Pancasila di manapun dan kapanpun,” ujarnya.

Aktivitas seni mural, selain sebagai wujud rasa bangga komunitas dalam memaknai Hari Kelahiran Pancasila, sekaligus juga untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur Pancasila yang tergambar dalam Profil Pelajar Pancasila.
Profil Pelajar Pancasila yang dimaksud adalah 1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; 2. Berkebinekaan Global; 3. Gotong Royong; 4. Mandiri; 5. Bernalar Kritis; serta 6. Kreatif.

Berbagai kreasi kegiatan positif yang sejalan dengan nilai luhur itupun diyakini bisa menjadi jembatan untuk para pelajar/pemuda dalam memaknai nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. 

Sementara itu, Koordinator Doodle Art Yogyakarta, Alib juga menyampaikan rasa antusiasmenya ikut berpartisipasi.

“Senang bisa ikut berpartisipasi dalam meramaikan Hari Kelahiran Pancasila lewat mural. Semoga sebagai generasi milenial dan generasi seterusnya bisa mengamalkan (nilai) budi luhur yang ada pada Pancasila. Kami berharap, kegiatan ini dapat berdampak bagi masyarakat luas,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Koordinator Doodle Art Jakarta, Ahmad Nopal mengaku senang dapat berkolaborasi dengan berbagai komunitas dari berbagai daerah untuk mengangkat makna Pancasila.

“Semoga karya yang saya buat bersama tim mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk muda-mudi masa depan Indonesia serta bisa mengajarkan masyarakat akan makna dari Pancasila itu sendiri,” cetus Nopal.

Sementara itu, menurut Gumi, Koordinator Doodle Art Bandung, keikutsertaan dalam aktivitas seni mural pada Hari Kelahiran Pancasila bukan sekadar menggambar bersama-sama komunitas mural lainnya di beberapa kota di Indonesia. 



#Komunitas #Mural #Kota #Indonesia #Peringati #Hari #Kelahiran #Pancasila #Secara #Serentak

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.