5 Makanan Khas Lampung Legendaris yang Semakin Susah Dicari

  • Share
5 Makanan Khas Lampung Legendaris yang Semakin Susah Dicari

Pastilebih.co.id – Jalan-jalan ke Lampung memang akan terasa kurang lengkap jika tidak mencicipi kulinernya. Mulai dari makanan pedas, gurih, sampai manis semua bisa kamu temukan dengan mudah di Lampung.

Nah, supaya nggak kebingungan, yuk simak 5 rekomendasi makanan Khas Lampung yang sayang dilewatkan.

1. Seruit

Dengan bahan utama ikan segar yang diolah dengan sambal tempoyak atau mangga, seruit menjadi salah satu makanan khas Lampung yang wajib dicoba! Nama seruit sendiri diambil dari kata nyeruit yang berarti sama-sama. Nama ini dipilih karena nilai kebersamaan warga Lampung yang tinggi.

Baca Juga:
Nelayan Ditemukan Tewas di Perairan Lampung Timur, HNSI Dorong Ada Asuransi Jiwa bagi Nelayan

Sebelum disajikan dengan sambal, ikan telah terlebih dahulu dibakar atau digoreng dengan bumbu garam, bawang putih, dan kunyit.

2. Umbu

Makanan khas Lampung satu ini terbilang cukup unik karena terbuat dari rotan yang masih muda.Karena bahannya yang tidak mudah didapatkan, saat ini Umbu hanya disajikan di hari-hari besar, seperti pesta adat.

Rasa rotan muda yang direbus terbilang sedikit pahit layaknya pare. Namun ini akan tetap terasa nikmat karena umbu telah dimasak dengan bumbu khas sampai benar-benar meresap.

3. Gabing

Baca Juga:
Cocol Cimol ke Sambal, Warganet Ini Kaget Teksturnya Kenyal

Gabing adalah makanan khas Lampung yang dibuat dengan bahan dasar kelapa muda yang dimasak dengan kuah santan. Teksturnya yang renyah seperti rebung terasa sempurna saat disantap dengan kuahnya.

Dulunya, gabing menjadi salah satu menu harian karena seringnya masyarakat menebang pohon kelapa untuk dimanfaatkan tiap bagiannya. Tidak hanya lezat, makanan ini juga mengandung gizi tinggi seperti kalim, karbohidrat, dan serat.

4. Pindang

Salah satu hal yang membedakan olahan pindang Lampung dengan yang lainnya adalah kuah kuningnya yang sangat pekat, maka tidak heran jika rasanya pun sangat gurih.

Jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat ikan pindang adalah ikan simba, dengan ukuran besar dan daging yang lembut.

5. Engkak

Enggan makan makanan berat? Engkak bisa jadi pilihan makanan khas Lampung yang kamu pilih. Kue satu ini didominasi rasa manis dan gurih dengan tekstur lembut pada tiap gigitan.

Bahan membuat engkak pun cukup sederhana karena hanya dibutuhkan tepung, mentega dan telur. Hanya saja, saat pengukusan dibutuhkan waktu yang sedikit lama karena membutuhkan beberapa lapisan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri



#Makanan #Khas #Lampung #Legendaris #yang #Semakin #Susah #Dicari

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.