Viral di TikTok, Obat Diabetes Tipe 2 Ramai Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan

  • Share
Viral di TikTok, Obat Diabetes Tipe 2 Ramai Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan

Pastilebih.co.id – Australia sedang menghadapi kekurangan obat diabetes karena banyak masyarakat menggunakannya untuk menurunkan berat badan. Obat tersebut adalah semaglutide, gunanya untuk meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.

Tapi dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa obat tersebut dapat menekan nafsu makan, orang-orang banyak menggunakannya untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, dilansir Insider, BPOM AS (FDA) juga telah menyetujui semaglutide sebagai pengobata obesitas sejak Juni 2021 lalu dan telah mendorong lonjakan konsumen.

Meski belum disetujui untuk mengobati obesitas di Australia, viralnya manfaat obat tersebut di TikTok telah memicu tren orang-orang menggunakannya sebagai penurun berat badan.

Baca Juga:
Kenali Pola Makan Diabetes Tipe 2, Penyakit yang Diderita Tom Hanks Selama Bertahun-tahun

Penggunaan semaglutide untuk menurunkan berat badan (TikTok)

Dalam beberapa unggahan video, pengguna TikTok menceritakan pengalamannya memakai obat tersebut, yang dinilai menghlangkan lapar dan menurunkan berat badan setelah penggunaan satu minggu.

Ada satu unggahan yang mengklaim bahwa berat badan akan tetap terjaga tanpa perlu menggunakan obat injeksi itu lagi. Padahal, peneliti mengimbau untuk terus menggunakan semaglutide untuk menjaga berat badan.

Tingginya permintaan semaglutide dan kelangkaan obat membuat beberapa organisasi kesehatan Australia mendesak pada dokter untuk membatasi resep hanya untuk tujuan pengobatan diabetes tipe 2.

Pasokan obat harus diprioritaskan untik penggunaan penting, terutama mengontrol diabetes, dan orang-orang yang sudah memiliki resep harus diberi lebih awal.

Baca Juga:
Dulu Suka Makan Junk Food, Kini Tom Hanks Harus Menjaga Pola Makan Gegara Menderita Diabetes Tipe 2



#Viral #TikTok #Obat #Diabetes #Tipe #Ramai #Digunakan #untuk #Menurunkan #Berat #Badan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.