Siklus Bulan Bisa Picu Banjir Rob Besar di Kawasan Pesisir pada 2034

  • Share
Siklus Bulan Bisa Picu Banjir Rob Besar di Kawasan Pesisir pada 2034

Pastilebih.co.id – Peneliti ahli utama di Pusat Riset dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin mengatakan wilayah pesisir perlu mewaspadai Siklus Nodal pada 2034 yang dapat meningkatkan banjir rob besar.

“NASA sudah memperingatkan untuk diwaspadai pantai-pantai di Amerika. Jadi sekitar tahun 2034 itu adalah puncak dari siklus nodal yang berpotensi meningkatkan banjir pasang,” kata Thomas dalam Webinar Lesson Learned: Banjir Rob di Musim Kemarau yang diadakan oleh Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, yang dipantau secara virtual di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Thomas menuturkan pemanasan global dan kenaikan pasang karena siklus nodal bulan 18,6 tahunan akan menjadi faktor gabungan yang akan meningkatkan banjir pasang atau banjir rob, dan tentunya perlu juga diwaspadai di pantai-pantai di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa yang pantainya landai.

Oleh karena itu, ia mengatakan perlu dilakukan mitigasi jangka menengah untuk mengatasi efek siklus nodal bulan yang puncaknya diperkirakan pada 2034. Efek siklus nodal berpotensi meningkatkan pasang maksimum sehingga banjir rob lebih sering terjadi dengan ketinggian yang meningkat.

Baca Juga:
Penurunan Muka Tanah di Pantura Tingkatkan Risiko Banjir Rob

Thomas menuturkan kenaikan pasang maksimum akan terjadi saat siklus nodal bulan dengan siklus 18,6 tahunan, di mana posisi bulan dekat dengan ekuator. Dengan orbit bulan yang miring sekitar 5 derajat dari ekliptika, itu menyebabkan bulan secara siklus akan menjauh dan mendekat dari ekuator.

Menurut Thomas, yang perlu diwaspadai secara global adalah ketika posisi bulan dekat dengan ekuator, yakni masa dengan siklus 18,6 tahun, karena berpotensi untuk meningkatkan ketinggian pasang maksimun.

Pada saat posisi bulan dekat ekuator, pasang maksimum akan lebih tinggi dari biasanya sehingga dapat meningkatkan potensi banjir rob di daerah-daerah pantai. [Antara]

NASA sudah memperingatkan bahwa posisi bulan dekat dengan ekuator sekitar 2034 sehingga perlu diwaspadai bahwa banjir pasang akan lebih tinggi dibandingkan banjir pasang pada saat bulan jauh dari ekuator.

“Jadi NASA memperingatkan daerah-daerah pantai di Amerika itu mungkin akan lebih sering mengalami banjir rob dan ketinggiannya juga akan lebih tinggi dan sekarang pun sebenarnya sudah mulai beberapa pantai di Amerika sering mengalami banjir rob,” ujar Thomas.

Baca Juga:
BRIN: Banjir Rob Ekstrem di Semarang Dipicu Angin Kencang di Laut

Menurut kajian NASA, bukan hanya pantai-pantai di Amerika yang akan disapu banjir rob pada dekade 2030, tetapi hampir seluruh pesisir di dunia.



#Siklus #Bulan #Bisa #Picu #Banjir #Rob #Besar #Kawasan #Pesisir #pada

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.