Batuk Berdahak akibat Long Covid-19, Begini Cara Mengatasinya!

  • Share
Batuk Berdahak akibat Long Covid-19, Begini Cara Mengatasinya!

Pastilebih.co.id – Banyak orang mengalami Long Covid-19 setelah sembuh, yang mana batuk sering menjadi salah satu tandanya. Batuk dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah infeksi virus corona Covid-19.

Batuk adalah cara tubuh melindungi paru-paru dan menyingkirkan hal-hal yang mengiritasinya. Batuk basah atau batuk berdahak salah satu tanda Long Covid-19 tersebut.

NHS UK mencatat bahwa orang mungkin menemukan dadanya penuh dengan lendir yang menyebabkan batuk berdahak setelah infeksi virus corona Covid-19.

Jika Anda mengalami hal yang sama, pernapasan Anda mungkin lebih bising dari biasanya dan Anda mungkin mengalami sesak napas setelah infeksi dada.

Baca Juga:
Kematian Pria Penerima Transplantasi Jantung Babi Pertama di Dunia Diduga karena Virus Herpes

Batuk berdahak mungkin lebih sulit diatasi karena Anda harus mengeluarkan lendir secara teratur.

Ilustrasi batuk. [Envato/Wavebreakmedia]

Tapi dilansir dari Times of India, latihan pernapasan bisa membantu Anda membersihkan dahak secara efektif dan efisien.

Meski demikian, penting untuk tidak memaksakan diri dan memastikan Anda memiliki banyak waktu istirahat setelahnya.

Selain itu, Anda juga harus memastikan tubuh terhidrasi dengan baik selama mengalami batuk berdahak. Tak hanya minum air, konsumsi sup dan buah-buahan penuh cairan juga bisa membantu.

Anda juga bisa menghirup uap setidaknya 2 sampai 3 kali sehari untuk mengencerkan dahak yang tersumbat di paru-paru Anda.

Baca Juga:
Kelompok Orang Ini Berisiko Terinfeksi Virus Hendra, Begini Cara Mencegahnya!

Cobalah bernapas melalui hidung, karena bernapas melalui mulut dapat membuat Anda lebih sering batuk.

Anda juga bisa berbaring ke sisi kiri atau kanan, alih-alih berbaring telentang saat tidur. Cara ini mungkin akan membantu mengeringkan dahak lebih cepat.

Namun, Anda harus menghindari hal-hal yang membuat Anda batuk, misalnya merokok, paparan asap, penyegar udara, lilin beraroma kuat atau parfum dan deodoran yang kuat. Anda juga harus memastikan bahwa wastafel tempat Anda membuang dahak didesinfeksi secara teratur.

Jika batuk Anda tak kunjung membaik dan membuat Anda selalu terbangun di malam hari, Anda harus konsultasi dengan dokter.

Jika diabaikan, Anda mungkin bisa mengalami batuk darah atau dahak menjadi lebih pekat. Jika sesak napas Anda tidak membaik dan Anda khawatir tentang kemungkinan gejala Long Covid-19, konsultasikan dengan dokter Anda.



#Batuk #Berdahak #akibat #Long #Covid19 #Begini #Cara #Mengatasinya

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.