Kami Usulkan Nama Turnamen Pramusim Piala Presiden

  • Share
Kami Usulkan Nama Turnamen Pramusim Piala Presiden

Pastilebih.co.id – PSSI mengusulkan turnamen pramusim 2022 memakai nama Piala Presiden, sama seperti kompetisi pramusim yang berlangsung pertama kali pada 2015.

“Kami mengusulkan namanya Piala Presiden,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung, Senin (30/5/2022).

“Akan tetapi, kami tentu mesti melaporkan itu terlebih dahulu kepada beliau (Presiden Joko Widodo). Setelah itu nanti akan diumumkan titelnya,” sambungnya seperti dimuat Antara.

Trofi Piala Presiden [Pastilebih.co.id/Adie Prasetyo]

Meski belum bernama, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu memastikan kompetisi tersebut dibuka di Solo yang menjadi lokasi pertandingan Grup A, pada 11 Juni 2022.

Namun Iriawan juga belum dapat menyebutkan pertandingan apa yang akan menandai pembukaan tersebut.

Baca Juga:
Dua Pemain Belanda Jim Croque dan Ivar Jenner Bersedia Perkuat Timnas Indonesia

Turnamen pramusim 2022 akan berlangsung pada 11 Juni-17 Juli 2022 dan diikuti oleh 18 tim peserta Liga 1 Indonesia musim 2022-2023.

Ke-18 klub tersebut dibagi ke dalam empat grup di mana setiap grup memiliki satu tuan rumah yang ditunjuk oleh PSSI dan operator Liga 1 dan 2, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pada Grup A, Persis Solo menjadi tuan rumah yang menjamu PSIS, Dewa United FC, Persita dan PSS.

Sementara Grup B akan digelar di Samarinda lantaran Borneo FC Samarinda berstatus sebagai tuan rumah dan dihuni pula Barito Putera, Rans Nusantara FC, Madura United dan juara turnamen pramusim lalu Persija.

Grup C diadakan di Bandung karena Persib ditunjuk sebagai tuan rumah. Grup ini bisa dikatakan grup paling menarik sebab diisi tim yang menduduki peringkat lima besar Liga 1 Indonesia 2021-2022 yaitu Persib, Bali United, Bhayangkara FC dan Persebaya.

Baca Juga:
China Mundur, PSSI Pertimbangkan Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Empat tim lainnya akan bersaing di Grup D. Mereka terdiri dari Arema FC (tuan rumah), Tira Persikabo, PSM dan Persik.

Jika jadi menggunakan nama Piala Presiden, maka Piala Presiden 2022 menjadi turnamen pramusim kelima dengan nama yang sama.

Piala Presiden pertama kali bergulir pada 2015 dengan Persib keluar sebagai juara. Kemudian pada 2017 di mana Arema FC menjadi tim terbaik, edisi 2018 dijuarai Persija, sedangkan Arema FC lagi-lagi sukses merebut tahta pada 2019.

Nama Piala Presiden tidak digunakan pada 2021 saat pandemi COVID-19. Kala itu namanya Piala Menpora 2021 di mana Persija menundukkan Persib pada final.



#Kami #Usulkan #Nama #Turnamen #Pramusim #Piala #Presiden

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.