Kemendag Manfaatkan e-Commerce untuk Bantu UKM Ekspor

  • Share
Larangan Ekspor untuk Pastikan Rakyat Dapat Minyak Goreng

Pastilebih.co.id – Kementerian Perdagangan memanfaatkan niaga elektronik (e-commerce) untuk mendorong usaha kecil menengah (UKM) melakukan ekspor dan memasuki pasar global, yang salah satunya dengan memanfaatkan platform digital yang dikelola perwakilan dagang Indonesia di luar negeri.

“Selama masa pandemi, UKM merupakan salah satu sektor yang terdampak secara negatif. Namun sisi positifnya, terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital serta meningkatnya keterlibatan UKM dalam pasar digital. ” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

Didi berharap, kerja sama Kemendag dengan para mitra dapat terus mendorong para pelaku UKM untuk memasuki pasar global.

Platform digital membuka peluang ekspor bagi para pelaku usaha Indonesia, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin go global khususnya selama masa pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir ini.

Baca Juga:
Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO, Harga Minyak Goreng di Pekanbaru Masih Tinggi

Untuk memaksimalkan pemanfaatan e-commerce, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) menggelar lokakarya kepada para pelaku usaha ekspor di Serpong, Tangerang Selatan.

Lokakarya itu merupakan bagian dari program ekosistem ekspor yang digagas Ditjen PEN dengan para mitra, yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ID SEED, Goorita, dan Accelerice.

Pada lokakarya tersebut, hadir sebagai narasumber yaitu CEO PT Solusi Ekosistem Global selaku operator IDNStore dan Indomatjar, Hadi Lee dan COO PT Semeru Indonesia Maju operator Goorita.com, Ardian Prawira Yudha.

Hadir pula Atase Perdagangan di Tiongkok, Marina; ITPC Shanghai, Indra Prahasta; Konsul Dagang di Hongkong, Ayu Wulan Sagita; Kepala Bidang Perdagangan di KDEI Taiwan, Sulistyono, Atase Perdagangan Riyadh, Erwansyah, serta ITPC Jeddah Rivai Abbas.

Peserta lokakarya yang hadir sebanyak 40 anggota Jakpreuner binaan Pemprov DKI yang mewakili produk olahan, fesyen, dan aksesori.

Baca Juga:
Perpres PKN Lahir untuk Percepat Target Rasio Kewirausahaan 3,95% di Akhir Tahun 2024

Ditjen PEN Kemendag akan melaksanakan sosialisasi dan lokakarya secara reguler untuk memanfaatkan platform digital sebagai sarana ekspor promosi ekspor sehingga dapat menjangkau para pelaku ekspor secara luas.



#Kemendag #Manfaatkan #eCommerce #untuk #Bantu #UKM #Ekspor

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *