Sama-sama Bikin Perut Rata, Inilah Perbedaan Besar antara Latihan Sit-Up dan Crunch

  • Share
Sama-sama Bikin Perut Rata, Inilah Perbedaan Besar antara Latihan Sit-Up dan Crunch

Pastilebih.co.id – Berlatih otot perut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan keseimbangan dan stabilitas. Perut rata juga akan membuat penampilan lebih menarik.

Dua latihan otot perut yang populer adalah sit up dan cruch. Meski punya manfaat yang sama, sebenarnya kedua latihan ini menargetkan otot yang berbeda.

Berikut perbedaan utama antara sit-up dan crunch, dilansir Insider:

Sti-up merupakan latihan perut yang memperkuat otot-otot inti dan yang lainnya. Gerakan ini sangat efektif dalam melibatkan rektus abdominis, otot yang berada di sepanjang bagian depan tubuh.

Baca Juga:
Waspadai Faktor Risiko Memiliki Lemak Visceral, Letaknya Jauh di Bawah Otot Perut dan Berbahaya!

Latihan ini juga melatih fleksor pinggul, otot yang membentang dari paha ke punggung bawah.

Namun, sit-up berisiko menyebabkan cedera punggung, karena gerakan ini mendorong tulang belakang saat punggung melengkung, memberi tekanan ekstra pada tulang belakang.

Karena sit-up juga melatih fleksor pinggul, otot ini bisa menjadi kencang, menarik tulang belakang bagian bawah dan berisiko menyebabkan nyeri punggung bagian bawah.

Tetapi, profesor emeritus di departemen kinesiologi University of Waterloo, Stuart McGill, mengatakan risiko cedera tergantung pada tipe tubuh dan riwayat medis.

Secara keseluruhan, sit-up merupakan latihan terbaik jika Anda ingin mendapat hasil lebih dari sekadar otot perut dan tidak memiliki masalah punggung, leher, atau tulang belakang.

Baca Juga:
Demi Bisa Mirip Karakter Anime Favorit, Pria Ini Latihan Otot Perut Setiap Hari dalam Setahun

Ilustrasi crunch. (Shutterstock)

Crunch merupakan latihan perut dengan rentan gerak yang lebih kecil.

Latihan perut ini melatih rectus abdominis dan obliques, toto di sepanjang sisi perut. Jika hanya menargetkan perut, crunch adalah latihan yang tepat.

Bahkan, melakukan crunch hanya satu hingga tiga kali seminggu memiliki manfaat yang bagus untuk perut.

Sebuah studi yang terbit di Journal of Sports Medicine and Physical Fitness tahun 2015 menemukan siswa sekolah menengah yang melakukan crunch antara satu hingga tiga kali seminggu mengalami peningkatan daya tahan perut dalam enam minggu.

Crunch mengurangi ketegangan pada tulang belakang, sehingga sangat berguna bagi orang yang hanya menargetkan perut dan rentan terhadap cedera atau nyeri punggung.



#Samasama #Bikin #Perut #Rata #Inilah #Perbedaan #Besar #antara #Latihan #SitUp #dan #Crunch

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.