Kabar Baik, Peneliti Berhasil Temukan Obat yang Mampu Tumbuhkan Rambut Botak Secara Penuh

  • Share
Kabar Baik, Peneliti Berhasil Temukan Obat yang Mampu Tumbuhkan Rambut Botak Secara Penuh

Pastilebih.co.id – Ada kabar baik untuk orang dengan rambut rontok dan botak. Peneliti  berhasl menemukan obat untuk menembuhkan rambut secara penuh dalam enam bulan.

Para ilmuwan mengatakan itu menandai “tonggak penting” dalam mengembangkan obat baru untuk mengatasi kebotakan. Pil dua kali sehari mengatasi kondisi yang disebut alopecia areata.

Kondisi ini relatif umum, kata NHS, diperkirakan mempengaruhi 15 dari 10.000 orang di Inggris dari semua usia yang berbeda. Alopecia areata adalah penyakit autoimun dimana folikel rambut secara keliru diserang oleh sistem kekebalan tubuh, menyebabkan rambut rontok.

Beberapa hanya memiliki beberapa bagian kecil yang botak dan mungkin melihat rambut mereka tumbuh kembali secara alami. Tapi kasus di lain, semua rambut kulit kepala hilang. Tidak ada obat untuk kondisi ini, tetapi beberapa obat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan kembali.

Baca Juga:
Dokter Ungkap Penyebab Kebotakan Area Depan yang Sering Dialami Laki-laki

Ilustrasi obat kebotakan. (Foto oleh Pixabay dari Pexels)

Perusahaan obat Concert Pharmaceuticals merekrut 706 orang di AS yang menderita alopecia areata sedang hingga parah. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok; satu kelompok menerima pil 8mg dua kali sehari, kelompok lain menerima dosis 12mg dua kali sehari, dan kelompok lain plasebo.

“Proporsi pasien yang signifikan secara statistik” yang diberi pil melihat pertumbuhan kembali kulit kepala yang lebih besar daripada mereka yang menggunakan obat palsu.

Hampir 42 persen dan 30 persen pasien melihat setidaknya 80 persen atau lebih rambut mereka tumbuh kembali saat mengambil dosis 12mg atau dosis 8mg, masing-masing. Beberapa pasien mengalami efek samping termasuk sakit kepala dan jerawat.

Ini adalah fase terakhir dari uji klinis obat alopecia, bernama CTP-543. Itu adalah studi standar tertinggi – acak, tersamar ganda dan terkontrol plasebo.

Dr Brett King, seorang dokter kulit di Yale University School of Medicine yang terlibat dalam penelitian ini, mengatakan: “Hari ini menandai tonggak penting dalam memajukan perawatan baru untuk alopecia areata.

Baca Juga:
Ingin Transplantasi Rambut, Bisakah Donor dari Sembarang Orang?

“Saya sangat senang melihat hasil positif dari uji coba Fase 3 pertama dengan CTP-543.



#Kabar #Baik #Peneliti #Berhasil #Temukan #Obat #yang #Mampu #Tumbuhkan #Rambut #Botak #Secara #Penuh

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.