Apa Itu Attitude? Kecenderungan Sikap Seseorang yang Dipengaruhi Banyak Faktor

  • Share
Apa Itu Attitude? Kecenderungan Sikap Seseorang yang Dipengaruhi Banyak Faktor

Pastilebih.co.id – Apa itu attitude? Attitude adalah sikap yang mengacu pada rangkaian emosi. Oleh karenanya, memiliki attitude baik merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang.

Perlu diketahui bahwa attitude seseorang bukanlah suatu hal yang terbentuk dengan sendirinya, melainkan juga dipengaruhi beberapa faktor luar yang terkadang tidak dapat dikendalikan. Itulah mengapa attitude seseorang mungkin berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Supaya tidak salah dalam menilai sikap atau attitude, yuk pelajari lebih lanjut melalui artikel berikut!

Attitude dalam Psikologi

Baca Juga:
Tak Melulu Buruk, Justru 4 Situasi Ini Diperlukan Sikap Egois

Dilansir dari laman Very Well Mind, dalam psikologi, attitude atau sikap mengacu pada seperangkat emosi, keyakinan, dan perilaku terhadap objek, orang, benda, atau peristiwa tertentu.

Attitude biasanya terbentuk berdasarkan sebuah pengalaman atau didikan yang mana akan sangat berpengaruh dalam membentuk kebiasaan seseorang. Karena merupakan hal yang terbentuk seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin jika attitude seseorang akan terus berubah-ubah.

Faktor Pembentuk Attitude

Terdapat sejumlah faktor yang dapat membentuk attitude seseorang, di antaranya:

Pengalaman

Baca Juga:
3 Sikap Mengatasi Rasa Kecewa, Sudah Terapkan?

Layaknya peribahasa pengalaman adalah guru terbaik, sikap seseorang saat ini biasanya merupakan hasil dari apa yang telah mereka terima atau lakukan di masa lalu. Oleh karena itu, pembentukan sikap sejak muda memang sangat diperlukan.

Faktor Sosial

Norma sosial memiliki peranan penting dalam membentuk sikap atau attitude seseorang. Hal ini berhubungan dengan bagaimana seseorang diharapkan berperilaku dalam kondisi tertentu, terutama saat terjun ke masyarakat.

Aturan masyarakat sekitar serta pandangan masyarakat terhadap sesuatu akan memberikan pengaruh terhadap pemikiran orang-orang di sekitar.

Belajar

Sikap dapat dipelajari dengan berbagai cara. Salah satu contohnya adalah saat Anda melihat film atau iklan dan merasa kagum dengan sikap karakter di dalamnya.

Bukan tidak mungkin kemudian Anda mencoba untuk menjadi seperti karakter tersebut, salah satunya dengan mengubah attitude yang telah Anda miliki saat ini.

Perbedaan Attitude dan Behavior

Sekilas, kedua hal ini mungkin terlihat sama. Namun, psikologi telah menilai bahwa attitude atau sikap dan perilaku merupakan dua hal yang tidak selalu selaras dengan sempurna.

Dilansir dari laman key differences, sikap atau attitude adalah kecenderungan mental seseorang yang berpengaruh pada cara berpikir atau menilai sesuatu. Sementara itu, perilaku adalah tindakan, gerakan, atau perilaku atas orang lain.

Sikap terbentuk karena pengalaman selama hidup, sedangkan perilaku seseorang lebih tergantung pada situasi. Singkatnya, perilaku akan sangat dipengaruhi oleh sikap karena di dalamnya melibatkan pemikiran dan emosi.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Apa #Itu #Attitude #Kecenderungan #Sikap #Seseorang #yang #Dipengaruhi #Banyak #Faktor

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.