Fakta-fakta Penutupan TPST Piyungan, Sampah sampai Menumpuk di Sejumlah Depo

  • Share
Pemkab Sleman Berencana Bangun 4 TPST Baru, Target 2023 Sudah Beroperasi

Pastilebih.co.id – Sampah milik warga Kabupaten Sleman menumpuk mencapai sekitar 15 ton di transfer depo sampah Pemkab Sleman, Lempongsari, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Tumpukan sampah tersebut merupakan penyebab ditutupnya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Kabupaten Bantul yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Warga melakukan demonstrasi

Penutupan TPST Piyungan diketahui dilakukan oleh warga yang tinggal di sekitar lokasi TPST.

Baca Juga:
Janjikan Empat TPST Baru, Wabup Sleman: Pakai Mesin Pengolah Sampah dari Jerman

Ratusan warga Banyakan Kalurahan Sitimulyo Kapanewon Piyungan blokir  jalan masuk ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Mereka menuntut pemerintah agar TPST Piyungan ditutup secara permanen.

Bahkan, warga juga melakukan demonstrasi sejak (7/5/2022) pagi. Selain membawa bambu dan spanduk untuk menutup jalan, mereka juga menuangkan batu split ke tengah jalan menuju ke TPST Piyungan.

Depo pembuangan sampah hanya bisa menampung selama 5 hari

Rata-rata volume sampah yang dihasilkan Kota Yogyakarta mencapai sekitar 370 ton dan sebanyak 260 ton di antaranya dibuang ke TPA Piyungan. Sisanya dapat diserap oleh bank sampah dan pemulung.

“Kami mampu menahan sampah di seluruh depo, tempat pembuangan sampah sementara, dan armada sampah selama maksimal lima hari. Lebih dari itu, akan terjadi darurat sampah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Senin.

Baca Juga:
Pemkab Sleman Berencana Bangun 4 TPST Baru, Target 2023 Sudah Beroperasi

“Bisa dihitung sendiri berapa volume sampah yang saat ini menumpuk di depo dan tempat pembuangan sementara (TPS) serta tertahan di armada sampah karena belum bisa dibuang ke Piyungan,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Faktafakta #Penutupan #TPST #Piyungan #Sampah #sampai #Menumpuk #Sejumlah #Depo

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.