Bioskop Rusia Mulai Tayangkan Film Hollywood Bajakan

  • Share
Bioskop Rusia Mulai Tayangkan Film Hollywood Bajakan

Pastilebih.co.id – Invasi Rusia ke Ukraina melahirkan banyak sanksi dunia, tak terkecuali dari industri hiburan. Studio film besar seperti Paramount, Disney, Warner Bros, dan Sony memutuskan untuk tidak menayangkan film baru di Rusia.

Namun bioskop-bioskop di Rusia memilih beralih ke pembajakan agar terus bisa menayangkan film-film buatan negara Barat ke pelanggannya.

Asosiasi Pemilik Bioskop Rusia mengatakan, sanksi itu menyebabkan kehancuran industri film di negaranya. Terlebih film buatan Rusia juga tidak mampu menarik banyak pelanggan.

“Selain itu, perilisan beberapa film Rusia, untuk alasan yang tidak kami ketahui, telah ditunda dari tanggal perilisan atau dibatalkan, meskipun faktanya film-film ini menerima dukungan dari negara untuk diproduksi,” kata asosiasi yang mewakili 700 bioskop Rusia, dikutip dari TorrentFreak, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga:
Terpopuler Kemarin, Warga Terbangkan Balon Udara Bertuliskan Rusia, Diduga Terjadi di Madura

Ilustrasi bioskop. [Dok.Antara]

Asosiasi juga meminta Kementerian Kebudayaan Rusia untuk membantu mereka karena potensi kehilangan pendapatan bisa mencapai 80 persen. Tapi beberapa bioskop memilih langkah pembajakan film agar menarik penontonnya.

Pertengahan April lalu, beredar kabar bahwa beberapa bioskop di Rusia mulai menayangkan film Hollywood seperti The Batman (Warner Bros), Don’t Look Up (Netflix), hingga I’m Blushing (Pixar).

Kemudian pada 21 April, bioskop di Rusia mengumumkan penayangan film The Batman dengan harga 500 rubel atau sekitar Rp 110.000. Diketahui film itu berasal dari situs bajakan.

Fenomena itu terus berlangsung di beberapa bioskop lain. Bahkan ada bioskop yang terang-terangan menawarkan pembelian tiket The Batman bajakan secara online.

Asosiasi Bioskop Rusia pun mengaku kalau fenomena pembajakan film ini mirip seperti masa gelap menjamurnya bisnis film ilegal pada tahun 1990-an.

Baca Juga:
Warga Sipil di Mariupol Dievakuasi Pemerintah Ukraina, PBB dan Komite Internasional Palang Merah

“Kami memahami bahwa kasus seperti itu disebabkan oleh kepanikan di industri karena kurangnya respons pemerintah terhadap situasi kritis bioskop Rusia saat ini, dan ketidakmampuan industri film Rusia dalam menawarkan film spektakuler yang menarik ke penonton,” ujar asosiasi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Bioskop #Rusia #Mulai #Tayangkan #Film #Hollywood #Bajakan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.