Bagi Pemudik dengan Mobil Pribadi, Kapolri Mengimbau Agar Menyesuaikan Peraturan Ganjil Genap

  • Share
Bagi Pemudik dengan Mobil Pribadi, Kapolri Mengimbau Agar Menyesuaikan Peraturan Ganjil Genap

Pastilebih.co.id – Sudah bersiap akan mengaspal mudik Lebaran 2022? Simak imbauan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo tentang waktu mudik dengan jadwal ganjil genap yang akan diberlakukan secara situasional mulai 28 April 2022.

Dikutip dari kantor berita Antara, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan imbauan ini saat memeriksa kesiapan pengamanan mudik Lebaran di Pos Terpadu Rest Area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Foto udara kendaraan melaju di ruas jalan Tol saat uji coba ganjil genap di Tol Jakarta – Cikampek Karawang, Jawa Barat, Senin (25/4/2022). [ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww]

“Kami mengimbau masyarakat yang sudah memiliki kesempatan dan sudah libur bisa segera mudik lebih awal,” papar Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo lewat keterangan tertulis.

Menurut Kapolri, proses rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan jajaran Polri mulai ganjil genap, contraflow (lawan arah) hingga sistem satu arah (one way) di H-4 Lebaran akan dilaksanakan pukul 17.00 – 24.00 WIB mengarah ke timur.

Baca Juga:
Indonesia Kembali Mengajak Tesla Lakukan Investasi Pabrik?

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan faktor keamanan dan kesehatan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik tahun ini, dengan menyiapkan berbagai upaya dan strategis bersama aparat terkait.

Guna memastikan layanan ini terlaksana, Kapolri melakukan pengecekan secara langsung untuk mengetahui langkah-langkah yang akan dilaksanakan seluruh anggota dalam menghadapi potensi kemacetan saat arus mudik.

Selain mengimbau masyarakat mudik lebih cepat, Kapolri juga mengimbau masyarakat yang mudik agar bisa melalui jalur alternatif selain tol. Seperti jalur Pantai Utara (Pantura) dan Jalur Pantai Selatan (Pansela) untuk menghindari kemacetan.

“Semua upaya itu dilakukan demi menciptakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” tandas Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Selain fokus menciptakan mudik yang aman, ia menekankan seluruh pihak terkait juga fokus untuk mewujudkan mudik yang nyaman dan sehat bagi masyarakat.

Baca Juga:
Sambangi Markas Tesla, Menko Luhut Binsar Pandjaitan Bahas Mobil Listrik Bersama Elon Musk

Pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu telah disiapkan serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan ketika melaksanakan mudik.

“Masyarakat yang kelelahan dan ingin istirahat bisa memanfaatkan berbagai fasilitas di pos. Bisa beristirahat dan bagi yang berbuka puasa juga disiapkan takjil. Kami berupaya menekan angka kecelakaan selama arus mudik seminimal mungkin,” tukas Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Mudik sehat kami bekali vaksin booster. Sehingga saat bertemu keluarga dan masyarakat, sama-sama memiliki imunitas. Mudik nyaman karena jalur rekayasa dan pilihan waktu yang kami siapkan diketahui oleh masyarakat melalui informasi yang akan terus disampaikan melalui berbagai jalur media, sehingga masyarakat bisa terhindar dari potensi kemacetan,” tuturnya lagi.

Strategi lain yang disiapkan oleh Polri dalam menghadapi mudik Lebaran kali ini adalah strategi kejadian tak terduga. Seperti kecelakaan ataupun bencana alam. Polri juga bekerja sama dengan PT Pertamina menyiapkan tim mobile guna mengantisipasi pemudik yang kehabisan bahan bakar di perjalanan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Bagi #Pemudik #dengan #Mobil #Pribadi #Kapolri #Mengimbau #Agar #Menyesuaikan #Peraturan #Ganjil #Genap

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *