Catat! Ini Tips Satgas Covid-19 Pilih Masker Aman Saat Mudik Lebaran

  • Share
Catat! Ini Tips Satgas Covid-19 Pilih Masker Aman Saat Mudik Lebaran

Pastilebih.co.id – Kasus Covid-19 memang mengalami tren penurunan selama beberapa hari terakhir menjelang Idul Fitri. Meski demikian, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan saat mudik lebaran.

Salah satunya ialah dengan menggunakan masker Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B Harmadi menyarankan masyarakat menggunakan masker dengan tingkat filtrasi yang tinggi, seperti masker medis atau masker yang memiliki tiga lapisan.

Dia juga menyarankan masyarakat yang mudik untuk menggunakan masker medis supaya lebih aman.

“Kalau merasa sangat tidak bisa menjaga jarak, didobel dengan masker kain,” kata Sonny seperti dikutip dari ANTARA, Senin, (25/4/2022). 

Baca Juga:
Sepekan Jelang Lebaran, 13.251 Orang Indonesia Masih di RS karena Covid-19

Ilustrasi anak memakai masker (Elements Envato)

Penurunan kasus COVID-19 membuat masyarakat merasa aman, terlihat sejumlah masyarakat mulai menggunakan masker kain saja ketika keluar rumah.

Sonny mengingatkan tingkat filtrasi masker medis lebih tinggi dibandingkan masker kain sehingga tetap merekomendasikan masker medis untuk digunakan selama mudik. Jika perlu, masyarakat juga bisa memiliki masker dengan tingkat filtrasi tinggi lainnya seperti KN95 dan KN94.

Selain menggunakan masker, masyarakat yang hendak mudik juga diimbau dalam keadaan sehat agar terhindar dari risiko kesehatan semakin memburuk.

Setelah dua tahun hidup di tengah pandemi, masyarakat diharapkan bisa melakukan skrining secara mandiri, yaitu mengenali gejala apa saja yang ditemukan pada COVID-19. Jika merasakannya, sebaiknya menunda mudik.

Skrining mandiri ini adalah penting karena COVID-19 baru bisa diketahui melalui tes PCR. Sementara, aturan yang berlaku tidak mewajibkan masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster) untuk melampirkan bukti tes antigen atau PCR ketika mudik dengan kendaraan umum.

Baca Juga:
Virus Corona Ngamuk Lagi, Kasus Covid-19 di India Meningkat 95 Persen Dalam Sepekan

Selain itu, kewajiban melampirkan hasil tes negatif hanya berlaku pada perjalanan dengan kendaraan umum. Kementerian Perhubungan memperkirakan mudik Lebaran tahun ini paling banyak dilakukan dengan kendaraan pribadi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan.
Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Pastilebih.co.id di laman Indonesia Dermawan.
Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan
KLIK DI SINI!



#Catat #Ini #Tips #Satgas #Covid19 #Pilih #Masker #Aman #Saat #Mudik #Lebaran

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *