Kanker Bukan Sepenuhnya Penyakit Genetik, Tetapi Ada Faktor Lain yang Meningkatkan Perkembangannya

  • Share
Kanker Bukan Sepenuhnya Penyakit Genetik, Tetapi Ada Faktor Lain yang Meningkatkan Perkembangannya

Pastilebih.co.id – Sebuah tinjauan baru menemukan bahwa kanker tidak sepenuhnya penyakit genetik, tetapi juga perlu mempertimbangkan faktor lingkungan dan metabolisme.

“Hampir setiap teori tentang penyebab kanker diurutkan ke dalam tiga kelompok yang lebih besar,” kata ahli biologi David Wishart dari University of Alberta, Kanada.

Tiga penyebab utama kanker tersebut yaitu pertama genetik, yang berfokus pada genom, kedua lingkungan, yang berfokus pada paparan, dan terakhir adalah metabolik, berfokus pada metabolisme.

Genom, exposome (paparan), dan metabolom beroperasi bersama dalam lingkaran umpan balik saat kanker berkembang dan menyebar.

Baca Juga:
Cegah Kanker Serviks, Pemerintah Wajibkan Vaksin HPV

Menurut data, kanker yang diturunkan (genetik) hanya menyumbang 5 hingga 10 persen dari semua kanker. Sementara 90 hingga 95 persen lainnya disebabkan oleh faktor-faktor dalam paparan, yang dapat memicu mutasi genetik.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

“Itu hal penting untuk dipertimbangkan, karena dikatakan bahwa kanker tidak bisa dihindari,” sambungnya, dilansir Eurekalert.

Metabolom juga sangat penting dalam proses tersebut, karena sel kanker yang bermutasi secara genetik ditopang oleh metabolisme spesifik kanker.

Wishart mengatakan hanya ada empat jenis metabolisme utama. Menentukan jenis metabolisme kanker pasien dapat segera memandu dokter dalam memutuskan pengobatan terbaik.

“Tidak ada bedanya di mana kanker itu berada, itu adalah sesuatu yang harus disingkirkan. Yang penting adalah bagaimana sel kanker tumbuh atau berkembang, ‘apa bahan bakar yang menggerakkan mesin ini’,” imbuhnya.

Baca Juga:
Anggap Mukjizat, Kiki Fatmala Sembuh dari Kanker Paru-paru Stadium Empat Setelah Melewati Pengobatan Ini

Menurutnya, pemahaman yang lebih dalam tentang metabolome dan perannya dalam perkembangan sel kanker juga penting untuk mencegahnya.

“Dari sisi pencegahan, mengubah metabolisme kita melalui penyesuaian gaya hidup akan membuat perbedaan besar dalam kejadian kanker,” tandasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Kanker #Bukan #Sepenuhnya #Penyakit #Genetik #Tetapi #Ada #Faktor #Lain #yang #Meningkatkan #Perkembangannya

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *