Dipenuhi Destinasi Wisata, Progres Jalan Lintas Selatan Lot 6 Sudah Mencapai 78%

  • Share
Dipenuhi Destinasi Wisata, Progres Jalan Lintas Selatan Lot 6 Sudah Mencapai 78%

Pastilebih.co.id – Proyek pembangunan Jalan Lintas Selatan (Pansela) Lot 6 yang menyambungkan Prigi-Bts.Kab Tulungagung-Klatak-Brumbun dengan total panjang 18,18 km saat ini tengah dalam proses pembangunan dan progresnya sudah mencapai 78,4%.

Pembangunan jalan ini diharapkan bisa memperlancar arus perekonomian barang jasa dan meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata khususnya di daerah Kab. Tulung Agung dan Kab. Trenggalek.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.5 Provinsi Jawa Timur, Ida Bagus Made Artamana, mengatakan jalan ini nantinya bisa memutus kesenjangan perekonomian antara pantai utara dan selatan, ditambah jalur lintas selatan lot 6 ini dipenuhi dengan potensi wisata alam dengan banyak terdapat pantai.

Beberapa pantai yang terdapat di Pansela lot 6 ini adalah Pantai Ngelarap Besuki, pantai Gemah, pantai Kuteng watimulyo, pantai Karanggonso, pantai Pasir putih, pantai Genjor, pantai Serui, pantai Kapal.

Baca Juga:
Pemudik Diimbau Waspadai Potensi Longsor di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau

“Potensi wisata yang paling menjanjikan ada di tiga titik, pertama ada di tumpak oentang di Kab Trenggalek disana kita bangun rest area bekerja sama dengan pemerintah kabupaten seluas 25 hektare. Disana kita bisa lihat view Teluk Perigi di kanan, di kiri teluk Gemah dan ke belakangnya ada pegunungan yang terhampar hijau,” ucap Made kepada media saat meninjau proyek Lot 6, Minggu (24/4/2022).

Potensi selanjutnya adalah adanya pantai-pantai tersembunyi seperti pantai kuteng dan titik potensi ada di rest area Gemah seluas 3 hektare.

“Rest area ini kalau dikembangkan viewnya akan bagus, pagi kita bisa dapat sunrise, malam pun bagus dari lampu kapal-kapal perahu nelayan sangat bagus di potret dari atas,” ungkap Made.

Selanjutnya yang bisa jadi potensi wisata adalah rest area yang terdapat di Pantai Brumbun di wilayah Tulungagung. “Disana ada rest area yang disiapkan seluas 3 hektare yang punya view cukup bagus ke selatan, viewnya tidak langsung pantai tapi bukit-bukit seperti di Selandia Baru, hijau dan dipenuhi tanaman jagung,” terang Made.

Jika sudah tersambung semua, jalan ini juga cukup mempengaruhi waktu tempuh dimana sebelumnya jarak tempuh Prigi ke pantai Gemah di Trenggalek memerlukan waktu 1 jam 15 menit.

Baca Juga:
Soal Kecelakaan di Jalan Eks Pupuk Raya, Petugas Dishub Bontang Sebut Sudah Pasang Rambu-rambu

“Dengan terbukanya jalur ini, estimasi bisa lebih cepat sekitar 40 menit bahkan bisa lebih cepat kalau tidak sambil melihat pemandangan karena viewnya bagus,” imbuh Made.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Dipenuhi #Destinasi #Wisata #Progres #Jalan #Lintas #Selatan #Lot #Sudah #Mencapai

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.